CARA MEMILIH PENGOBATAN ALTERNATIF AGAR TIDAK ASAL

Cara Memilih Pengobatan Alternatif Agar Tidak Asal

 Petunjuk Memilih Pengobatan Alternatif


Pilihan pengobatan alternatif semakin bertambah. Jenisnya pun macam-macam. Jangan sampai salah pilih!

Beberapa waktu yang lalu teman saya, mengatakan bahwa mencari pengobatan alternatif saat ini sangat sulit. “Bahkan rasanya jauh lebih sulit daripada memilih dokter,” tuturnya. Sudah berkalikali ia survei pengobatan alternatif, tapi belum ada yang pas. “jenisnya buaaanyak.. Saya tidak tahu mana yang resmi punya izin dan mana yang tidak,” tuturrnya. anda mungkin setuju dengan pendapat rosana itu. Tidak bisa dipungkiri, jumlah pengobatan alternatif di indonesia semakin banyak. Sebelas tahun yang lalu Depkes mencatat ada 280.000 tenaga ahli yang membuka praktik pengobatan alternatif di indonesia (Warta Kesehatan Tradisional Depkes ri, Edisi 2 tahun 2006). Meskipun belum diketahui data pastinya, namun sekarang jumlahnya tentu lebih banyak lagi. Bertambahnya jumlah pengobatan ini bagaikan dua sisi mata pedang. Di satu sisi menggembirakan karena berarti pengobatan alternatif mulai diakui masyarakat. Namun di sisi lain, sebagian pengobatan yang metode dan latar belakang pengobatnya “tidak jelas” juga banyak bermunculan. Bermacam-macam iklan sensasional pun dipasang demi menarik perhatian. Sebenarnya, pengobatan alternatif seperti apa yang bisa dipilih? apa saja rambu-rambunya? Dan bagaimana cara memilihnya?

Pengobatan alternatif, artinya..
Tidak dipungkiri, banyaknya jenis pengobatan alternatif membuat pengertiannya menjadi rancu. Departemen Kesehatan mendefinisikan pengobatan alternatif sama dengan pengobatan tradisional. menurut Ir Dunanty rK. Sianipar, mPH, Kepala Sub Direktorat Bina upaya Kesehatan Tradisional Departemen Kesehatan (Depkes) pengobatan tradisional adalah cara pengobatan dengan cara lain di luar ilmu kedokteran dan ilmu keperawatan. Pengobatan tersebut bisa dilakukan oleh ahli yang mendapatkan keterampilan dari lembaga formal atau kursus atau pelatihan, baik di dalam maupun di luar negeri. “Yang jelas, pengobatan alternatif tidak dianggap sama dengan perdukunan, praktik ilmu gaib, atau yang berbau klenik,” Dunanty menegaskan. Metode yang digunakan dalam pengobatan alternatif harus rasional dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk mengaturnya, Depkes telah menetapkan 4 jenis pengobatan alternatif yang tumbuh dan berkembang di indonesia. Selain berasal dari negeri sendiri, pengobatan alternatif yang kini ada di indonesia juga banyak yang berasal dari luar negeri. Beberapa dari pengobatan tersebut diambil sebagai terapi pendamping atau pelengkap pengobatan konvensional sehingga berkembang menjadi pengobatan alternatif komplementer (Complementary and Alternative Medicine atau Cam). Jenis pengobatan ini praktisinya bukan dokter konvensional, melainkan dokter khusus (naturopati dan homeopati) dengan pendidikan yang berbeda. Sebagian dari mereka juga menguasai keahliannya dari pendidikan lain.

Kiat memilih pengobatan alternatif

Pertama, pelajari lebih dahulu metode atau terapi yang digunakan, manfaat dan kerugiannya. Setelah informasi ini anda dapatkan, sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter ahli naturopati atau dokter yang bersimpati kepada pengobatan alternatif untuk memperoleh pendapat lain (second opinion).

Kedua, pilih pengobatan alternatif yang rasional dan metodenya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan secara hukum sudah memiliki izin praktik. anda juga bisa melakukan survei kecil-kecilan. Teleponlah tempat praktiknya dan tanyakan beberapa hal penting yang ingin anda ketahui. Jika pertanyaan anda tidak ditanggapi secara terbuka, jangan ragu untuk mencoret tempat itu dari daftar.

Ketiga, pilih tenaga ahli yang latar belakang keahlian dan pendidikannya jelas, serta berpengalaman. jangan mudah terbujuk oleh pernyataan iklan yang berlebihan, atau testimonial dari seseorang yang belum tentu terbukti kebenarannya. mengutip saran Dunanty, yang tak kalah penting juga menyesuaikan anggaran, lokasi, dan waktu pengobatan yang sesuai. Bila sudah merasa yakin dengan salah satu pilihan, ingatlah bahwa jarang ada terapi alternatif yang cukup efektif bila berjalan sendiri. Pada umumnya pengobatan dilakukan secara holistik atau menyeluruh. misalnya, penderita kanker yang menjalani terapi herba, sebaiknya juga melakukan perubahan gaya hidup dan olah tubuh.

Rumah Sehat Refleksi insya Allah akan membantu anda guna mendapatkan Kesahatan anda kembali secara maksimal, kami insya Allah sudah terpercaya selama 9 th, para terapis kami semua lulusan Akademi Refleksi, ber ijazah dan memiliki izin praktek.

Alamat: Rumah Sehat Refleksi
Jl.Brotonegoro Barat no.108. Gresik kota baru tlp.031-70431304
 Rumah sehat refleksi melayani terapi : pijat refleksi, bekam, terapi lintah, ruqyah, ear candle, herbal, dll
Kunjungi www.rumah-refleksi.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s